dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini :
Bagaimana keefektifan pembelajaran menggunakan Model Mind Mapping Pada
Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 34 siswa
dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan
belajar matematika melalui Model Pembelajaran Mind Mapping. Metode yang
digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah
tes, observasi meliputi : (aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil
belajar 55 dengan 10 siswa yang tuntas dan 24 siswa yang tidak tuntas serta tingkat
ketuntasan klasikal sebesar 29,41%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata
hasil belajar siswa sebesar 84% dengan 30 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak
tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88 %. Ditinjau
dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 75% dan berada dalam kategori
Aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran memperoleh persentase sebesar 81% dan berada dalam kategori baik
dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase
sebesar 85% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran
dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model Mind Mapping
pada pokok bahasan Lingkaran efektif pada siswa kelas VIII-B SMP Swasta Imelda
Medan T.P 2016/2017 |
en_US |