Research Repository

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fauzia, Ninda
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:09:09Z
dc.date.available 2020-11-17T08:09:09Z
dc.date.issued 2017-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12773
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang signifikan/dominan mempengaruhi motivasi dalam belajar matematika siswa SMK Negeri 9 Medan T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket analisis faktor yang signifikan mempengaruhi Motivasi dalam belajar matematika siswa yang totalnya ada 50 item pernyataan yang terdiri dari 10 item tentang suasana Belajar, 10 item tentang Adanya Pujian, 10 item tentang Minat, 10 item tentang Imbalan,dan 10 item tentang Hasrat. Hasil uji validitas dari 50 item pernyataan diperoleh 48 item valid dan 2 item yang tidak valid. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 9 Medan. Kelas X RPL1 yang terdiri dari 32 siswa, X RPL 2 yang terdiri dari 30 siswa, X RPL 3 yang terdiri dari 29 siswa dan X RPL 4 yang terdiri dari 34 siswa,dan X RPL 5 yan terdiri dari 31 siswa. maka total populasi berjumlah 156 siswa. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X RPL yang terdiri dari beberapa siswa yaitu 7 orang X RPL 1, 7 orang X RPL 2, 6 orang X RPL 3, 7 orang X RPL 4, dan 7 orang X RPL 5 yang berjumlah keseluruhan 34 siswa. Hasil uji reliabilitas dari 50 item pernyataan valid. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada berdistribusi normal. Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukkan nilai yang positif. Hal ini berarti keempat variabel benar-benar memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi siswa yaitu suasana belajar memiliki nilai sebesar 0,539, artinya variabel suasana belajar mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 53,9%, variabel adanya pujian memiliki nilai sebesar 0,559, artinya variabel adanya pujian mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 55,9%, variabel Minat memiliki nilai sebesar 0,673 artinya variabel minat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 67,3%, variabel Imbalan memiliki nilai sebesar 0,832, artinya variabel imbalan mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 83,2% dan variabel hasrat memiliki nilai sebesar 0,819, artinya variabel hasrat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar matematika sebesar 81,9%. Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai total variance explained bernilai 5 sesuai dengan jumlah variabel. Hasil nilai component matrix menunjukkan bahwa semua variabel merupakan faktor pertama dan kedua yang mempengaruhi motivasi siswa dikarenakan nilai component matrix suasana belajar,adanya pujian, imbalan, hasrat berada pada faktor pertama yang mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa dikarenakan nilai komponen matrix pertama lebih besar dari faktor kedua. Sedangkan variabel minat berada difaktor kedua, dikarenakan nilai komponen matrix kedua lebih besar dari faktor pertama. Oleh karena itu nilai imbalan memiliki nilai yang signifikan. en_US
dc.subject Suasana Belajar en_US
dc.subject Adanya Pujian en_US
dc.subject Minat en_US
dc.subject Imbalan en_US
dc.subject Hasrat en_US
dc.title Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account