Research Repository

Analisis Kemampuan Dasar Siswa Dalam Menyelesaikan Pecahan Aljabar Pada Siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Gusmayanti, Milda
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:01:51Z
dc.date.available 2020-11-17T08:01:51Z
dc.date.issued 2017-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12756
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Kemampuan Dasar siswa dalam menyelesaikan soal pecahan aljabar pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2017/2018? Dan apa penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan pecahan aljabar pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2017/2018? Metode penelitian ini adalah expost fact. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes, Observasi, dan Angket. Tes yang digunakan adalah tes pada setiap sub pokok bahasan pecahan aljabar yang berbentuk essay tes dan berjumlah 5 soal pada setiap sub pokok bahasan. Sementara, observasi dilakukan dengan mengamati kemampuan dasar matematika siswa sesuai indikator. Dan angket dilakukan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 42 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah melihat kemampuan dasar siswa dalam menyelesaikan soal pecahan aljabar. Hasil penelitian ini dari 42 orang siswa pada sub pokok bahasan menyeserhanakan bentuk pecahan aljabar 9 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 21,43% dan 33 siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 78,57%. Selanjutnya pada sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan aljabar 18 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 42,86% dan 24 siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 57,14%. Dan pada sub pokok bahasan perkalian dan pembagian bentuk pecahan aljabar 26 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 61,90% dan 16 orang yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 38,10%. Untuk kemampuan dasar siswa dalam setiap sub pokok bahasan menyelesaikan soal pecahan aljabar yaitu 70,68%. Dan rata – rata kemampuan dasar siswa dari hasil observasi penalaran yaitu 3,42%. Kesulitan siswa dalam menjawab soal pecahan aljabar adalah siswa kurang mengerti dengan penjelasan guru terhadap materi pecahan aljabar yaitu 57,14%. Sedangkan kesulitan yang dihadapi siswa pada saat mengikuti pembelajaran didalam kelas adalah siswa kurang memahami pada saat guru menyampaikan pelajaran sebesar 66,66%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan dasar siswa dalam menyelesaikan soal pecahan aljabar masih berada pada kategori Baik. Serta terlihat penyebab kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pecahan aljabar pada siswa kelas VIII di SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.subject Analisis en_US
dc.subject Kemampuan Dasar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Aljabar en_US
dc.subject Kesulitan en_US
dc.title Analisis Kemampuan Dasar Siswa Dalam Menyelesaikan Pecahan Aljabar Pada Siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account