dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Kemampuan Dasar
siswa dalam menyelesaikan soal pecahan aljabar pada siswa SMP Swasta PGRI 3
Medan T.P 2017/2018? Dan apa penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam
menyelesaikan pecahan aljabar pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P
2017/2018?
Metode penelitian ini adalah expost fact. Instrument penelitian yang
digunakan adalah Tes, Observasi, dan Angket. Tes yang digunakan adalah tes pada
setiap sub pokok bahasan pecahan aljabar yang berbentuk essay tes dan berjumlah 5
soal pada setiap sub pokok bahasan. Sementara, observasi dilakukan dengan
mengamati kemampuan dasar matematika siswa sesuai indikator. Dan angket
dilakukan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Subjek
penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2017/2018 yang
berjumlah 42 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah melihat kemampuan dasar
siswa dalam menyelesaikan soal pecahan aljabar.
Hasil penelitian ini dari 42 orang siswa pada sub pokok bahasan
menyeserhanakan bentuk pecahan aljabar 9 siswa yang mencapai ketuntasan hasil
belajar yaitu 21,43% dan 33 siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu
78,57%. Selanjutnya pada sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bentuk
pecahan aljabar 18 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 42,86% dan 24
siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 57,14%. Dan pada sub
pokok bahasan perkalian dan pembagian bentuk pecahan aljabar 26 siswa yang
mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 61,90% dan 16 orang yang tidak mencapai
ketuntasan hasil belajar yaitu 38,10%. Untuk kemampuan dasar siswa dalam setiap
sub pokok bahasan menyelesaikan soal pecahan aljabar yaitu 70,68%. Dan rata – rata
kemampuan dasar siswa dari hasil observasi penalaran yaitu 3,42%. Kesulitan siswa
dalam menjawab soal pecahan aljabar adalah siswa kurang mengerti dengan
penjelasan guru terhadap materi pecahan aljabar yaitu 57,14%. Sedangkan kesulitan
yang dihadapi siswa pada saat mengikuti pembelajaran didalam kelas adalah siswa
kurang memahami pada saat guru menyampaikan pelajaran sebesar 66,66%.
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan dasar siswa dalam menyelesaikan
soal pecahan aljabar masih berada pada kategori Baik. Serta terlihat penyebab
kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pecahan aljabar pada siswa
kelas VIII di SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2017/2018. |
en_US |