dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapan model pembelajaran
Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa
dan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui
penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada pokok bahasan
persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-5 SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017 yang berjumlah 36
orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum
Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok
bahasan persamaan linear dua variabel.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui
pemberian tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh 19 siswa(52,78%) dari
36 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya
2,80). Setelah tindakan II,
melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh 32
siswa(88,89%) dari 36 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya
2,80). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,11%.
Berdasarkan criteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini terpenuhi.
Nilai rata-rata pada tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yaitu 2,47
dan pada siklus II meningkat menjadi 3,26. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu
sebesar 0,79 yang berada pada kategori baik.
Pada tindakan siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah
untuk setiap indikator yang diteliti yaitu pada indikator memahami masalah
menjelaskan persentase rata-rata pada siklus I sebesar 88,89%, pada siklus II
meningkat menjadi 94,44%. Indikator merencanakan penyelesaian masalah pada
siklus I sebesar 86,11%, pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Indikator
menyelesaikan masalah sesuai rencana pada siklus I sebesar 36,11%, pada siklus
II meningkat menjadi 88,89%. Indikator memeriksa kembali hasil yang diperoleh
pada siklus I sebesar 16,67%, pada siklus II meningkat menjadi 86,11%.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan kemampuan pemecahan masalah
siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning
pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 6
Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. |
en_US |