dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini :
Bagaimana keefektifan pembelajaran menggunakan Model Means-Ends Analysis
dalam pemikiran kreatif Pada Siswa SMA Tamansiswa Medan T.P 2016/2017?
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Tamansiswa Medan T.P
2016/2017, yang berjumlah 30 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika menggunakan model MeansEnds Analysis dalam pemikiran kreatif. Metode yang digunakan adalah metode
Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi meliputi :
(aktivitas dan Kreatif belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 59,00
dengan 10 siswa yang tuntas dan 20 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan
klasikal sebesar 33,33%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 84,5% dengan 26 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas serta
tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,67%. Ditinjau dari
aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 79% dan berada dalam kategori aktif
dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran memperoleh persentase sebesar 86% dan berada dalam kategori baik
dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase
sebesar 80% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran
dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model Means-Analysis
dalam mengebangkan pemikiran kreatif pada materi pernyataan majemuk konjungsi
dan disjungsi pada siswa kelas X-2 SMA Tamansiswa Medan T.P 2016/2017. |
en_US |