Research Repository

Analisis Keefektifan Penggunaan Model Means-Ends Analysis (MEA) Dalam Mengembangkan Pemikiran Kreatif Matematika Siswa SMA Tamansiswa Medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Intan Permata
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:43:46Z
dc.date.available 2020-11-17T07:43:46Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12727
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini : Bagaimana keefektifan pembelajaran menggunakan Model Means-Ends Analysis dalam pemikiran kreatif Pada Siswa SMA Tamansiswa Medan T.P 2016/2017? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Tamansiswa Medan T.P 2016/2017, yang berjumlah 30 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan belajar matematika menggunakan model MeansEnds Analysis dalam pemikiran kreatif. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi meliputi : (aktivitas dan Kreatif belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran) dan angket. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar 59,00 dengan 10 siswa yang tuntas dan 20 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan klasikal sebesar 33,33%. Sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,5% dengan 26 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas serta tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,67%. Ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 79% dan berada dalam kategori aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase sebesar 86% dan berada dalam kategori baik dalam mengelola pembelajaran, ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase sebesar 80% dan berada dalam kategori Positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model Means-Analysis dalam mengebangkan pemikiran kreatif pada materi pernyataan majemuk konjungsi dan disjungsi pada siswa kelas X-2 SMA Tamansiswa Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Keefektifanpenggunaa en_US
dc.subject Model Means-Ends Analysis dalam mengembangkan pemikiran kreatif siswa. en_US
dc.title Analisis Keefektifan Penggunaan Model Means-Ends Analysis (MEA) Dalam Mengembangkan Pemikiran Kreatif Matematika Siswa SMA Tamansiswa Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account