dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan
menggunakan model pembelajaran M-Apos dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan msasalah matematis pada siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai
T.P 2016/2017. Dan bagaiamana ketercapaian tujuan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran M-Apos pada pokok bahasan Himpunan pada
siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi himpunan dengan
menggunakan model pembelajaran M-APOS di kelas VII SMP An-Nadwa Islamic
Centre Binjai T.P 2016/2017. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes
yang bertujuan untuk melihat ketercapaian hasil belajar dalam kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa, dan observasi untuk melihat kemampuan dalam
memecahan masalah. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis dalam belajar siswa pada pokok bahasan Himpunan
pada pembelajaran awal diperoleh rata – rata observasi kemampuan pemecahan
masalah siswa yang masih tergolong tidak mampu memecahkan masalah matematis,
dimana tingkat presentase siswa pada tes awal 27%, pada siklus I dimana tingkat
presentase siswa hanya 41%, kemudian meningkat pada siklus II dimana tingkat
presentase siswa mencapai 62,1%, dan meningkat lagi pada siklus III dimana tingkat
presentase siswa mencapai 86,2% dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunkan model pembelajaran M-Apos dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa dikelas VII SMP An – Nadwa Islamic Centre
Binjai T.P 2016/2017 |
en_US |