dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi oleh
Siswa Kelas X SMA Pembangunan Nasional Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Pembangunan Nasional
Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 90 siswa yang terdiri
dari 3 kelas dan menggunakan ketiga kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 90
siswa yaitu 45 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining dan 45 siswa sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan metode ceramah. Metode dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan menulis paragraf argumentasi
digunakan tes dalam bentuk tertulis. Dalam hal ini siswa mempraktikan dengan
sangat cermat dan secara berkelompok. Setelah data analisi diketahui kemampuan
menulis paragraf argumentasi kelas X SMA Pembangunan Nasional Lubuk Pakam
Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat ”baik” dengan nilai rata-rata
79,25 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menulis paragraf argumentasi
menggunakan rumus uji-t diketahui thitung = 4,17. Hasil penelitian ini menunjukan
thitung diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan α = 0,05
dengan dk (n1 + n2)-2, dk (45+45)-2 = 88, maka dapat ttabel = 1,66. Oleh karena itu
thitung ˃ ttabel yaitu 4,17 ˃ 1,66. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ Terdapat
pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap
kemampuan menulis paragraf argumentasi dapat diterima”. |
en_US |