Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X Sma Pembangunan Nasional Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Nur Indah
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:34:56Z
dc.date.available 2020-11-17T07:34:56Z
dc.date.issued 2017-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12715
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi oleh Siswa Kelas X SMA Pembangunan Nasional Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Pembangunan Nasional Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 3 kelas dan menggunakan ketiga kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 90 siswa yaitu 45 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan 45 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan menulis paragraf argumentasi digunakan tes dalam bentuk tertulis. Dalam hal ini siswa mempraktikan dengan sangat cermat dan secara berkelompok. Setelah data analisi diketahui kemampuan menulis paragraf argumentasi kelas X SMA Pembangunan Nasional Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat ”baik” dengan nilai rata-rata 79,25 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menulis paragraf argumentasi menggunakan rumus uji-t diketahui thitung = 4,17. Hasil penelitian ini menunjukan thitung diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1 + n2)-2, dk (45+45)-2 = 88, maka dapat ttabel = 1,66. Oleh karena itu thitung ˃ ttabel yaitu 4,17 ˃ 1,66. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi dapat diterima”. en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran en_US
dc.subject Student Facilitator and Explaining en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X Sma Pembangunan Nasional Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account