Research Repository

Perbedaan Hasil Belajar Menggunkan Metode Tutor Sebaya Dengan Metode Script Pada Siswa SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sudarni, Eli
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:30:18Z
dc.date.available 2020-11-17T07:30:18Z
dc.date.issued 2016-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12709
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil belajar siswa menggunakan metode Tutor Sebaya pada materi ajar Logika Matematika kelas X di SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016? Bagaimanakah hasil belajar siswa menggunakan metode Sript pada materi ajarLogika Matematika kelas X SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016? Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Tutor Sebaya dengan Metode Script pada materi ajar Logika Matematika kelas X di SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Tutor Sebaya pada materi ajar Logika Matematika kelas X di SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa menggunakan metode Script pada materi ajar Logika Matematika kelas X di SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan moetode tutor sebaya dengan metode script pada materi ajar Logika Matematika kelas X di SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Desain dalam penelitian ini menggunakan post-tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1 dan X-3. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode tutor sebaya dengan metode script pada materi ajar pokok bahasan Logika sub pokok bahasan yaitu pernyataan, kalimat terbuka dan ingkaran Kelas X SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 6,36 setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 1,669 dengan criteria ( thitung > ttabel ). Sehingga disimpulkan bahwa Hα diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode tutor sebaya dengan metode script pada materi ajar pokok bahasan Logika sub pokok bahasan yaitu pernyataan, kalimat terbuka dan ingkaran Kelas X SMA AL-HIDAYAH Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. en_US
dc.subject Metode Tutor Sebaya en_US
dc.subject Metode Script en_US
dc.title Perbedaan Hasil Belajar Menggunkan Metode Tutor Sebaya Dengan Metode Script Pada Siswa SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account