dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pembelajaran menggunakan model
pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan pada siswa SMA Muhammadiyah
5 Lubuk Pakam T.P 2016/ 2017 ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar
siswa, kemampuan guru mengelolah pembelajaran, dan respon siswa terhadap
pembelajaran. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah XI-1 IPA SMA
Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam yang terdiri dari 37 siswa. Instrument penelitian ini
berupa soal tes, lembar observasi untuk aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola
pembelajaran, dan respon siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh
peningkatan ketuntasan belajar dari hasil evaluasi siswa secara klasikal dengan kondisi
awal 18.9% kemudian dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching
pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 48.65% pada siklus II
meningkat menjadi 67.57% dan pada siklus III semakin meningkat menjadi 89.10%.
Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran
reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari ketuntasan belajar siswa. Diperoleh
peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 53% pada siklus II
sebesar 78% dan pada siklus III sebesar 86%. Sehingga pembelajaran matematika
dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan
ditinjau dari aktivitas belajar siswa. Diperoleh peningkatan persentase kemampuan guru
mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 55%, pada siklus II sebesar 71% dan
pada siklus III sebesar 94%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan
model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari kemampuan
guru mengelola pembelajaran. Diperoleh peningkatan persentase respon siswa pada
pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II sebesar 80%, dan pada siklus III sebesar 95%.
Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran
reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari respon siswa. Berdasarkan rincian
tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan model
pembelajaran reciprocal Teaching pada siswa kelas XI-1 IPA SMA Muhammadiyah 5
Lubuk Pakam T.P 2016/2017 adalah efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa,
aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. |
en_US |