Research Repository

Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam T.P 2016/ 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraini, Dini
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:24:17Z
dc.date.available 2020-11-17T07:24:17Z
dc.date.issued 2017-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12699
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan pada siswa SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam T.P 2016/ 2017 ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelolah pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah XI-1 IPA SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam yang terdiri dari 37 siswa. Instrument penelitian ini berupa soal tes, lembar observasi untuk aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan ketuntasan belajar dari hasil evaluasi siswa secara klasikal dengan kondisi awal 18.9% kemudian dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 48.65% pada siklus II meningkat menjadi 67.57% dan pada siklus III semakin meningkat menjadi 89.10%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari ketuntasan belajar siswa. Diperoleh peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 53% pada siklus II sebesar 78% dan pada siklus III sebesar 86%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari aktivitas belajar siswa. Diperoleh peningkatan persentase kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 55%, pada siklus II sebesar 71% dan pada siklus III sebesar 94%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran. Diperoleh peningkatan persentase respon siswa pada pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II sebesar 80%, dan pada siklus III sebesar 95%. Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan ditinjau dari respon siswa. Berdasarkan rincian tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal Teaching pada siswa kelas XI-1 IPA SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam T.P 2016/2017 adalah efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam en_US
dc.title Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam T.P 2016/ 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account