dc.description.abstract |
Bagaimana hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Talking Stick
Pada Siswa SMP Muahammadiyah 4 Medan ditinjau dari Ketuntasan Belajar Siswa,
Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran dan Rspon
Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika
menggunakan Model pembelajaran Talking Stick pada Siswa SMP Muhammadiyah 4
Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 Efektif ditinjau dari Ketuntasan Belajar Siswa,
Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran dan Respon
Siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 10 item tes
soal essay dan aktivitas guru terdiri dari 15 item dan aktivitas siswa terdiri dari 8 item
kegiatan pembelajaran.Berdasarkan rincian hasil penelitian terlihat bahwa
berdasarkan indikator keefektifan pembelajaran “Ketuntasan Belajar Siswa” pada
hasil test I berjumlah 28% dengan rata-rata 54.6 kategori Tidak Tuntas dan pada test
II berjumlah 96% dengan rata-rata 80.2 kategori Tuntas, aktivitas belajar siswa
pertemuan I berjumlah 75.4% kategori Aktif dan pertemuan II berjumlah 80.64%
kategori Aktif, Kemampuan guru mengelolah pembelajaran pertemuan I berjumlah
75% kategori Baik dan pertemuan II berjumlah 98.33% kategori Sangat Baik dan
Respon siswa pada pertemuan I 75.56% kategori Cukup Positif dan pada pertemuan
II 80.32% kategori Positif. |
en_US |