dc.description.abstract |
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan
menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam
bentuk tes uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10
butir soal untuk tes siklus I dan 10 butir soal untuk tes siklus II. Sementara observasi
dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI AP-1 SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang
berjumlah 40 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan
model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat
ketuntasan belajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual pada tes
awal hanya 18 siswa (45%) yang tuntas sedangkan 22 siswa (55%) belum tuntas.
Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 27 siswa (67,5%) yang
tuntas sedangkan 13 siswa (32,5%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat
lagi menjadi 34 siswa (85%) yang tuntas sedangkan 6 siswa (15%) belum tuntas. Hal
tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator
keberhasilan penelitian yaitu sebesar 70%. Sedangkan rata-rata tingkat keaktifan
siswa pada pra siklus hanya 1,8 dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat
menjadi 2,4 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3
dalam kategori baik. |
en_US |