dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keefektifan belajar siswa dalam
pembelajaran matematika. Siswa lebih banyak pasif dalam kegiatan belajar
matematika disebabkan pembelajaran matematika yang bersifat abstrak. Untuk itu
dalam penelitian ini penulis memilih media pembelajaran yang dapat mencapai
keefektifan belajar matematika siswa yaitu dengan menggunakan media software
AutoCAD.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat keefektifan belajar
matematika siswa pada pokok bahasan geometri tentang menentukan jarak antara titik
ke garis, jarak antara titik ke bidang, menentukan besar sudut antara garis dan bidang,
dan menentukan besar sudut antara dua bidang pada ruang dimensi tiga yang berupa
bangun ruang kubus dan bangun ruang limas.
Instrument penelitian ini menggunakan tes untuk mengukur ketuntasan
belajar, lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa, dan kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran serta angket untuk mengukur respon siswa
terhadap pembelajaran yang positif.Soal tes kemampuan belajar matematika siswa
berbentuk objektif.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB1 SMKN 1 Percut Sei Tuan
T.P 2016/2017 berjumlah 26 siswa. Keefektifan belajar ditinjau dari ketuntasan
belajar yang mencapai nilai KKM 70 yaitu memperoleh persentase sebesar 86% dan
berada dalam kategori tuntas, ditinjau aktifitas siswa memperoleh persentase sebesar
87% berada dalam kategori aktif dalam aktivitas belajarnya, ditinjau dari kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase sebesar 75% berada
dalam kategori baik dalam mengelola pembelajaran, sehingga ditinjau dari respon
siswa memperoleh persentase sebesar 82% berada dalam kategori positif dalam
merespon pembelajaran di kelas. Keempat indicator keefektifan belajar matematika
terpenuhi maka media software AutoCAD efektif dalam pembelajaran matematika
pada siswa kelas X TGB1 SMKN 1 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017 |
en_US |