dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dalam
pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P
2016/2017, apakah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization
dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP
Darussalam Medan T.P 2016/2017 dan apakah penggunaan model pembelajaran
Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada
siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Team Assisted
Individualization dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP
Darussalam Medan T.P 2016/2017, untuk mengetahui apakah penggunaan model
pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan motivasi belajar
matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017 dan
untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Team Assisted
Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes
dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam
Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Dan objek penelitiannya adalah
penggunaan metode team assisted individualization untuk meningkatkan motivasi
dan hasil belajar pada siswa SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan
menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Pada siklus I
diperoleh rata-rata motivasi siswa sebesar 1,1 dengan kriteria kurang dan persentase
ketuntasan hasil belajar siswa 15%, pada siklus II diperoleh rata-rata motivasi siswa
sebesar 1,54 dengan kriteria cukup dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 75%,
pada siklus III diperoleh rata-rata motivasi siswa sebesar 2,5 dengan kriteria baik
serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa 80%. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted
Individualization motivasi dan hasil belajar matematika siswa dapat meningkat. |
en_US |