dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketuntasan
belajar matematika siswa dengan menggunkan model reciprocal teaching di SMP
PAB 3 Saentis T.P 2016 /2017 Pada materi bangun datar segi empat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PAB 3
Saentis T.P 2016/ 2017 yang berjumlah 210 siswa, sedangkan yang menjadi
sampelnya adalah kelas VII-5 yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang
digunakan berupa tes yang dikutip dari buku pelajaran matematika kelas VII SMP
PAB 3 Saentis dan Tes berbentuk pilihan berganda, Observasi dan angket yang
diberikan tiap pertemuan.
Dari analisa data diperoleh ketuntasan belajar matematika siswa. Dari
indikator pertama dterlihat ketuntasan belajar matematika siswa menggunakan model
reciprocal teaching pada siswa SMP PAB 3 Saentis T.P 2016 /2017 adalah “Sangat
Baik”. Dari 35 Siswa ada 34 siswa atau 97,15 % telah mencapai ketuntasan belajar
degan kadar minimal 65 %. Terlihat ada 19 siswa yang mendapat nilai antara 85 –
100 atau 54, 29 %. 15 siswa mendapatkan nilai antara 75 – 84 atau 42, 86 % dan 1
orang mendapat nilai antaar 55 – 64 atau 3,45 % yang belum mecapai ketuntasan
belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
model Reciprocal Teaching sangat “ Efektif “ dalam pembelajaran matematika pada
siswa dan Model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan ketuntasan belajar
matematika siswa. |
en_US |