Research Repository

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wiranti, Gita
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:07:00Z
dc.date.available 2020-11-17T07:07:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12663
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang signifikan/dominan mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada siswa SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tesanalisis faktor yang signifikan mempengaruhi mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika siswa yang totalnya ada 20 soal. Hasil uji validitas dari 20 soaldiperoleh 10 valid dan 10 yang tidak valid. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan. Kelas VIII-A yang terdiri dari 32 siswa, VIII-B yang terdiri dari 29 siswa, VIII-C yang terdiri dari 25 siswa dan VIII-D yang terdiri dari 30 siswa, maka total populasi berjumlah 116 siswa. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari beberapa siswa yaitu 8 orang VIII-A, 7 orang VIII-B, 6 orang VIII-C, dan 8 orang VIII-D yang berjumlah 29 siswa. Hasil uji reliabilitas dari 20 soal tidak semua reliabilitas. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas dari semua data yang ada berdistribusi normal.Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukkan nilai yang positif. Hal ini berarti keempat variabel benar-benar memberikan dampak kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yaitu variabel kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah (X1) memiliki nilai sebesar 0,942, artinya kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah menyelesaikan soal matematika 94,2% , variabel kesulitan dalam memahami konsep atau rumus (X2) memiliki nilai sebesar 0,790, artinya kesulitan dalam memahami konsep atau rumus menyelesaikan soal matematika 79,0%, variabel kesulitan menyatakan hubungan antara komponen yang diketahui (X3) memiliki nilai sebesar 0,749, artinya kesulitan menyatakan hubungan antara komponen yang diketahui dalam menyelesaikan soal matematika 74,9%, variabel kesulitan dalam melakukan operasi pada soal (X4) memiliki nilai sebesar 0,786, artinya kesulitan dalam melakukan operasi pada soal matematika 78,6%.Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai total variance explained bernilai 4 sesuai dengan jumlah variabel. Hasil nilai component matrix menunjukkan bahwa semua variabel merupakan faktor pertama dan kedua yang mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dikarenakan nilai component matrix variabel kesulitan dalam memahami konsep atau rumus, kesulitan menyatakan hubungan antara komponen yang diketahui, kesulitan dalam melakukan operasi pada soal beradafaktor pertama yang mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dikarenakan nilai component matrix faktor pertama > faktor kedua. Sedangkan variabel kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah berada di faktor kedua dikarenakan nilai component matrix kedua > faktor pertama.. Oleh karena itu nilai kesulitan dalam memahami konsep atau rumus memiliki nilai signifikan en_US
dc.subject menetapkan langkah-langkah en_US
dc.subject memahami konsep atau rumus en_US
dc.subject menyatakan hubungan antara komponen yang diketahui en_US
dc.subject melakukan operasi pada soal en_US
dc.title Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account