dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang signifikan/dominan
mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada siswa SMP Asuhan
Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
tesanalisis faktor yang signifikan mempengaruhi mempengaruhi kesulitan dalam
menyelesaikan soal matematika siswa yang totalnya ada 20 soal. Hasil uji validitas dari 20
soaldiperoleh 10 valid dan 10 yang tidak valid. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan. Kelas VIII-A yang terdiri dari 32 siswa, VIII-B
yang terdiri dari 29 siswa, VIII-C yang terdiri dari 25 siswa dan VIII-D yang terdiri dari 30
siswa, maka total populasi berjumlah 116 siswa. Sehingga yang menjadi sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari beberapa siswa yaitu 8 orang VIII-A, 7 orang
VIII-B, 6 orang VIII-C, dan 8 orang VIII-D yang berjumlah 29 siswa. Hasil uji reliabilitas
dari 20 soal tidak semua reliabilitas. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada
berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas dari semua data yang ada berdistribusi
normal.Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukkan nilai yang positif. Hal ini berarti
keempat variabel benar-benar memberikan dampak kesulitan dalam menyelesaikan soal
matematika yaitu variabel kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah (X1) memiliki nilai
sebesar 0,942, artinya kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah menyelesaikan soal
matematika 94,2% , variabel kesulitan dalam memahami konsep atau rumus (X2) memiliki
nilai sebesar 0,790, artinya kesulitan dalam memahami konsep atau rumus menyelesaikan
soal matematika 79,0%, variabel kesulitan menyatakan hubungan antara komponen yang
diketahui (X3) memiliki nilai sebesar 0,749, artinya kesulitan menyatakan hubungan antara
komponen yang diketahui dalam menyelesaikan soal matematika 74,9%, variabel kesulitan
dalam melakukan operasi pada soal (X4) memiliki nilai sebesar 0,786, artinya kesulitan
dalam melakukan operasi pada soal matematika 78,6%.Dari hasil penelitian yang diperoleh
nilai total variance explained bernilai 4 sesuai dengan jumlah variabel. Hasil nilai component
matrix menunjukkan bahwa semua variabel merupakan faktor pertama dan kedua yang
mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dikarenakan nilai component
matrix variabel kesulitan dalam memahami konsep atau rumus, kesulitan menyatakan
hubungan antara komponen yang diketahui, kesulitan dalam melakukan operasi pada soal
beradafaktor pertama yang mempengaruhi kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika
dikarenakan nilai component matrix faktor pertama > faktor kedua. Sedangkan variabel
kesulitan dalam menetapkan langkah-langkah berada di faktor kedua dikarenakan nilai
component matrix kedua > faktor pertama.. Oleh karena itu nilai kesulitan dalam memahami
konsep atau rumus memiliki nilai signifikan |
en_US |