Research Repository

Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wardana, Ayu Sundari
dc.date.accessioned 2020-11-17T06:54:49Z
dc.date.available 2020-11-17T06:54:49Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12636
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara model Explicit Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Berapa persen pengaruh model Explicit Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan antara model Explicit Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui Berapa persen pengaruh model Explicit Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 64 orang yaitu 32 orang siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 32 orang siswa VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga thitung (4.7963) setelah dibandingkan dengan ttabel (1.999), ternyata thitung (4.7963) > ttabel (1.999) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh antara model pembelajaran Explicit Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 96.7468%. en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Explicit Instruction en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account