dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Reflektif dapat meningkatkan kemampuan belajar
matematika pada siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan yang berjumlah 31
orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Metode penelitian
yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui empat siklus pembelajaran
dengan tahap perencanaan, tindakan, observsi, dan refleksi. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif ada
peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Imeelda Medan. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa juga mengalami
peningkatan dari 27,74% dikategorikan rendah pada siklus I menjadi 50,02
dikategorikan sedang pada siklus II menjadi 72,29 dikategorikan tinggi pada siklus III
dan menjadi 82,86 dikategorikan tinggi pada siklus IV. Berdasarkan hasil tes awal
diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 9,68%, dan nilai ratarata kelas 52,98%. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil
belajar siswa secara klasikal yaitu 25,81%, dan nilai rata-rata kelas 60,24%. Setelah
pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara
klasikal yaitu 54,84%, dan nilai rata-rata kelas 65,40%. Setelah pemberian tindakan
III (siklus III) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 70,97%,
dan nilai rata-rata kelas 71,45%. Setelah pemberian tindakan IV (siklus IV)diperoleh
ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 100%, dan nilai rata-rata kelas
83,,47%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan Model Pembelajaran Reflektif dapat meningkatkan kemampuan belajar
matematika siswa kelas VII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017. |
en_US |