Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reflektif Pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Noor, Arfa Febria
dc.date.accessioned 2020-11-17T06:45:25Z
dc.date.available 2020-11-17T06:45:25Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12624
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui empat siklus pembelajaran dengan tahap perencanaan, tindakan, observsi, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Imeelda Medan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa juga mengalami peningkatan dari 27,74% dikategorikan rendah pada siklus I menjadi 50,02 dikategorikan sedang pada siklus II menjadi 72,29 dikategorikan tinggi pada siklus III dan menjadi 82,86 dikategorikan tinggi pada siklus IV. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 9,68%, dan nilai ratarata kelas 52,98%. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 25,81%, dan nilai rata-rata kelas 60,24%. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 54,84%, dan nilai rata-rata kelas 65,40%. Setelah pemberian tindakan III (siklus III) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 70,97%, dan nilai rata-rata kelas 71,45%. Setelah pemberian tindakan IV (siklus IV)diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 100%, dan nilai rata-rata kelas 83,,47%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Reflektif dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Reflektif en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reflektif Pada Siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account