Research Repository

Efektivitas penggunaan model Explicit Instruction untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wulandari, Aprida Putri
dc.date.accessioned 2020-11-17T06:42:52Z
dc.date.available 2020-11-17T06:42:52Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12619
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017? Bagaimana penerapan model Explicit Instruction dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017. Untuk mengetahui bagaimana penerapan model Explicit Instruction dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah 87 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, untuk itu sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-1 dan kelas XI-2, dimana kelas XI-1 sebagai eksperimen menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction berjumlah 31 siswa dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 31,61 dan nilai posttest adalah 77,10 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 21,50 dan nilai posttest 44,67. Dan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 127,176 setelah dibandingkan dengan haraga ttabel = 2,0010 ternyata thitung > ttabel sehingga H0 ditolek Ha diterima. Lalu dengan menggunakan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol berada dikategori sedang dan besar kefektifan model pembelajaran Explicit Instruction adalah 65%, sedangkan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol berada dalam kategori sedang dan besar kefektifan metode konvensional adalah 51%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan bealajar matematika siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Model Explicit Instruction en_US
dc.subject Kemampuan Belajara Matematika en_US
dc.title Efektivitas penggunaan model Explicit Instruction untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account