dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model Explicit
Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa
SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017? Bagaimana penerapan model Explicit
Instruction dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA
Swasta PAB 9 Patumbak T.P 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah penggunaan model Explicit Instruction efektif dalam meningkatkan
kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P
2016/2017. Untuk mengetahui bagaimana penerapan model Explicit Instruction
dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa SMA Swasta PAB 9
Patumbak T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah 87 siswa.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, untuk itu sampel dalam
penelitian ini adalah kelas XI-1 dan kelas XI-2, dimana kelas XI-1 sebagai
eksperimen menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction berjumlah 31
siswa dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional
berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata
nilai pretest kelas eksperimen 31,61 dan nilai posttest adalah 77,10 sedangkan untuk
kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 21,50 dan nilai posttest 44,67. Dan hasil
perhitungan menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 127,176 setelah dibandingkan
dengan haraga ttabel = 2,0010 ternyata thitung > ttabel sehingga H0 ditolek Ha diterima.
Lalu dengan menggunakan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol berada
dikategori sedang dan besar kefektifan model pembelajaran Explicit Instruction
adalah 65%, sedangkan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol berada dalam
kategori sedang dan besar kefektifan metode konvensional adalah 51%. Maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction efektif dalam
meningkatkan bealajar matematika siswa SMA Swasta PAB 9 Patumbak T.P
2016/2017. |
en_US |