Research Repository

Deformasi Kepala Jembatan (Abutment) Kelas A Bina Marga Mengguakan Metode Abutment T Terbalik Terhadap Tinggi Penampang Yang Berbeda”

Show simple item record

dc.contributor.author Suryadi
dc.date.accessioned 2020-11-17T05:38:37Z
dc.date.available 2020-11-17T05:38:37Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12569
dc.description.abstract Abutment merupakan suatu struktur bawah jembatan atau suatu perletakan pada jembatan yang terletak pada ujung jembatan yang juga menerima beban-beban dari struktur di atasnya. Hal ini menyebabkan abutment dibuat harus mampu menahan terhadap beban yang berkerja. Sebelum merencanakan struktur bangunan bawah harus diketahui dulu besarnya beban yang akan dipikulnya, dalam tugas akhir ini struktur atas didesain menggunakan bantuan program SAP2000 sesuai dengan standart pembebanan untuk jembatan SNI 1725-2016. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tinggi terhadap kekuatan dalam melayani beban yang berkerja dengan menggunakan peraturan beton bertulang jembatan RSNI-T-2004 dan menganalisa kestabilan struktur dalam menahan gaya geser, momen guling, perhitungan jumlah pondasi tiang pancang dan jumlah tulangan yang dibutuhkan serta deformasi yang terjadi pada abutment. Abutment direncanakan 2 model dan 1 model perbaikan menggunakan metode abutment T terbalik dengan material beton bertulang yang terletak disuatu sungai di Kota Medan dengan kondisi tanah sedang. Model pertama (Model 1) direncanakan memiliki tinggi 7 meter dengan lebar poer 6,5 meter, sedangkan model kedua (Model 2) memiliki tinggi 8 meter dengan lebar poer 6,5 meter. Model ketiga (Model 3) ditujukan untuk model perbaikan (Model 2) yang dalam beberapa kondisi tidak memenuhi syarat. Model ketiga ini memiliki tinggi 8 meter dan lebar poer 8 meter. Model perbaikan direncanakan akan mampu menahan terhadap semua kondisi struktur dalam menahan geser, akibat momen guling. Untuk mengetahui kebutuhan jumlah tiang pancang diperlukan analisis terhadap daya dukung tiang pancang dalam group menggunakan teori converse-labare dimana data sondir yang diadapat harus disesuaikan dengan desain rencana tiang pancang. en_US
dc.subject Stabilitas geser en_US
dc.subject stabilitas guling en_US
dc.subject pondasi tiang pancang en_US
dc.subject penulangan, deformasi. en_US
dc.title Deformasi Kepala Jembatan (Abutment) Kelas A Bina Marga Mengguakan Metode Abutment T Terbalik Terhadap Tinggi Penampang Yang Berbeda” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account