Research Repository

Analisa Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Antar Kota Trayek Blangkejeren-Kutacane.

Show simple item record

dc.contributor.author Marzuki
dc.date.accessioned 2020-11-17T05:32:49Z
dc.date.available 2020-11-17T05:32:49Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12566
dc.description.abstract Dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan transportasi dari waktu ke waktu akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas antar kota. Contohnya perjalanan masyarakat di sekitar kota Blangkejeren yang melakukan perjalanan ke Kutacane semakin hari semakin bertambah. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan metode survei dan wawancara kepada supir dan penumpang, dimana pengambilan sampel dilakukan secara langsung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini membahas mengenai kinerja angkutan umum yang melayani trayek Blangkejeren – Kutacane, sehingga diperoleh kinerja pelayanan angkutan yang memadai. Dalam penelitian ini yang dilakukan adalah identifikasi kinerja angkutan mini bus ditinjau dari tingkat efektifitas dengan parameter aksesibilitas, kecepatan rata-rata dan frekuensi headway. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja angkutan umum bus sudah efektif bila ditinjau dari segi kecepatan rata-rata, tingkat operasional dan frekuensi atau headway. Oleh sebab itu penulis harus meneliti bagaimana kinerja pelayanan dan kebutuhan jumlah armada pada kebutuhan akan transportasi yang tinggi pada angkutan umum bus antar kota yang melayani trayek Blangkejeren – Kutacane. Dengan kecepatan rata-rata setiap harinya yang diperoleh untuk keberangkatan dari Blangkejeren. PT. Robby Karya 37 km/jam, PT. Argalus 38 km/jam, CV. Louser 36 km/jam, CV. Rosna 37 dan apabila dibandingkan dengan standart yang diberikan oleh Pemerintah melalui UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa kecepatan paling tinggi 80 km/jam, maka kecepatan rata-rata mini bus PT. Robby Karya, PT. Argalus, CV. Louser, CV. Rosna, trayek Blangkejeren – Kutacane sudah efektif. Namun masih perlu meningkatkan pelayanan bagi para penumpang selama menunggu di terminal mini bus, yaitu berupa perbaikan fasilitas-fasilitas umum yang ada. en_US
dc.subject Angkutan umum en_US
dc.subject Transportasi Trayek. en_US
dc.title Analisa Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Antar Kota Trayek Blangkejeren-Kutacane. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account