dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model citizen prosedur terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa SMP Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 54 orang siswa terdiri dari kelas VII A berjumlah 18 siswa, VII B berjumlah 18 siswa dan VII C berjumlah 18 siswa. Sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Setelah melakukan dengan cara random sampling, maka dapat dua kelas yang menjadi sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif
Hasil pengelolahan data dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kemampuan menulis teks prosedur menggunakan model citizen prosedur dengan Nilai rata-rata sebesar 67,01 dikategorikan nilai baik, sedangkan kemampuan menulis teks prosedur menggunakan model ceramah dengan nilai rat-rata sebesar 55,20 dikategorikan nilai cukup. Berdasarkan uji t- hipotesis diterima bahwa Thitung > Ttabel yaitu 9,84 > 1,690. Ada pengaruh penggunaan model citizen prosedur terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa SMP Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2019/2020. |
en_US |