dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Double
Loop Problem Solving terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020 yang terdiri dari
2 kelas yang berjumlah 64 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling,
yaitu siswa kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa yang diajarkan dengan model
Double Loop Problem Solving. Kelas VIII-B berjumlah 32 siswa yang diajarkan
dengan model ekspositori. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan tes dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu thitung =
8,8731 dan ttabel = 1,9993 maka diperoleh thitung > ttabel atau 8,8731 > 1,9993. Dari
hasil uji-t tersebut, diperoleh bahwa Hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh
yang signifikan model pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap hasil
belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020. |
en_US |