Research Repository

Perencanaan Hammerhead pier Dengan Dimensi Yang Berbeda Pada Jembatan Beton Di Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Arrizki, M.Fatah
dc.date.accessioned 2020-11-17T04:09:13Z
dc.date.available 2020-11-17T04:09:13Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12468
dc.description.abstract Pilar adalah bagian dari jembatan struktur bawah. Pilar Hammerhead digunakan untuk jembatan dengan bentang yang panjang, untuk struktur bawah terbagi atas empat bagian yaitubearing, pondasi, abutment dan pilar. Pilar memiliki berbagai variasi seperti pilar berdinding penuh, pilar Multi column dan berbentuk T (Hammerhaed pier). Perencanaan pilar Hammerhead akan menggunakan SNI 1725-2016 untuk menetapkan kombinasi yang terjadi pada jembatan dan untuk pilar menggunakan RSNI T-12-2004 perencanaan akan diasumsikan berada di aliran sungai.Beban yang akan ditinjau untuk pilar adalah gempa, guling, dan angin. Pilar direncanakan dengan beton fc’ 35 dan baja fy 390 berdasarkan DPU Prinsip dasar teknik jembatan dan aplikasinya sebagai salah satu acuan perhitungan pilar selain SNI 1725-2016 dan beban gempa akan menggunakan metode SNI 2833-2008 perencanaan ketahanan gempa untuk jembatan. Dari hasil ke-4 model perencanaan pilar Hammerhead didapat nilai lendutan yang kecil.Untuk ketiga perencanaan pilar keamanan terhadap guling dan geser memenuhi syarat, sedangkan pada model 4 kombinasi eksrtim1 pilar Hammerhead mengalami keruntuhan karena nilai SF pada kombinasi ekstrim 1 sebesar 1.97 < 2. Dari hasil pilar model 4 diketahui bahwa ketinggian dan lebar kepala pilar mempengaruhi nilai keaman pada daya dukung guling dan geser en_US
dc.subject Beton,Jembatan en_US
dc.subject Pilar en_US
dc.title Perencanaan Hammerhead pier Dengan Dimensi Yang Berbeda Pada Jembatan Beton Di Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account