Research Repository

Struktur Wacana Dan Fungsi Bahasa Iklan Bukalapak Di Televisi

Show simple item record

dc.contributor.author Salvira, Inez Denia
dc.date.accessioned 2020-03-01T09:34:10Z
dc.date.available 2020-03-01T09:34:10Z
dc.date.issued 2019-09-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1228
dc.description.abstract Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui struktur wacana dan fungsi bahasa iklan Bukalapak di televisi. Sumber data penelitian ini adalah iklan Bukalapak yang ada di televisi seri Dian Sastrowardoyo. Data penelitian ini adalah seluruh isi iklan Bukalapak di televisi seri Dian Sastrowardoyo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data analisis kualitatif yaitu mendeskripsikan struktur wacana dan fungsi bahasa iklan Bukalapak di televisi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yakni menonton iklan Bukalapak di televisi, lalu mengunduh video iklan dari situs internet ataupun dari media youtube yang akan dianalisis sebagai bahan penelitian, mengumpulkan data dari iklan Bukalapak seri Dian Sastrowardoyo, melakukan penelaahan data mengenai struktur wacana dan fungsi bahasa iklan, dan mendeskripsikan/ menyimpulkan data hasil penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh dari iklan Bukalapak seri Dian Sastrowardoyo yaitu (1) struktur wacana meliputi (a) struktur makro: iklan pertama memiliki tema perkelahian, iklan kedua memiliki tema keluarga dan iklan ketiga bertema perkantoran, (b) superstruktur yang terdapat pendahuluan, isi dan penutup pada iklan Bukalapak (c) struktur mikro: iklan pertama mengenai promo spesial 2.2, iklan kedua mengenai promo spesial ramadhan dan iklan ketiga mengenai buka bantuan Bukalapak (2) fungsi bahasa meliputi (a) fungsi pemerian yaitu penggunaan bahasa untuk membuat pernyataan, (b) fungsi konatif yaitu memusatkan perhatian kepada keinginan pembicara dan dipikirkan oleh pendengar, (c) fungsi referensial yaitu memusatkan perhatian kepada isi acuan sesuatu pesan. en_US
dc.subject iklan Bukalapak en_US
dc.subject struktur wacana en_US
dc.title Struktur Wacana Dan Fungsi Bahasa Iklan Bukalapak Di Televisi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account