Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan Tahun Pelajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Rangkuti, Wilda
dc.date.accessioned 2020-11-17T02:00:42Z
dc.date.available 2020-11-17T02:00:42Z
dc.date.issued 2020-11-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12274
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-6 dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII-6 MTs Hifzhil Qur’an Medan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-6 MTs Hifzhil Qur’an Medan T.P 2020/2021 dan apakah penerapan model pembelajaran Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan T. P 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatakan mutu pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII-6 MTs Hifzhil Qur’an Medan yang berjumlah 33 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini ialah penerapan model pembelajaran Talking Chips. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pelajaran matematika. Adapun hasil observasi aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan belajar dengan penerapan model pembelajaran Talking Chips mengalami peningkatan sebesar 18%. Pada siklus I diperoleh presentase sebesar 71% (baik) sedangkan pada siklus II diperoleh presentase sebesar 89% (sangat baik). Hasil belajar matematika siswa kelas VIII-6 MTs Hifzhil Qur’an Medan T.P 2020/2021 mengalami peningkatan setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Talking Chips pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh ialah 75,1 atau sebesar 70% ketuntasan belajar siswa secara klasikal dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 orang sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh ialah 87,5 atau sebesar 91% ketuntasan belajar siswa secara klasikal dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 orang. Dengan demikian, dari hasil tindakan diatas dapat diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Talking Chips meningkat pada setiap siklus. en_US
dc.publisher Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara en_US
dc.subject Model Pembelajaran Talking Chips en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa MTs Hifzhil Qur’an Medan Tahun Pelajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account