dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar Siswa
SMP Alwashliyah Ampera II Medan materi Pola Bilangan dengan menggunakan
model Guided Discovery. (2)Apakah model Guided Discovery berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas VIII SMP Al-Washliyah
Ampera II Medan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar
Siswa SMP Alwashliyah Ampera II Medan pada materi Pola Bilangan dengan
menggunakan model Guided Discovery. (2) Untukmengetahuipengaruh model
pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika pada siswa
Kelas VIII SMP Alwashliyah Ampera II Medan. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah Ampera II Medan yang terdiri dari 3
kelas VIII-A berjumlah 20 siswa,VIII-B berjumlah 21 Siswa dan VIII-C
berjumlah 24 Siswa. Jadi total keseluruhan kelas VIII SMP Alwashliyah Ampera
II Medan sebanyak 65 Siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes yaitu tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (Post-Test).
Berdasarkan hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 58,55
dan kelas kontrol yaitu 55,20. Sedangkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata
kelas eksperimen yaitu 82,30 dan kelas kontrol yaitu 69,20. Teknik analisis data
mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji
hipotesis. Dan hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t
diperoleh nilai thitung(4,400) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,024). Ternyata
nilai thitung > ttabel 4,400> 2,024, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dan besar
pengaruhnya adalah sebesar 9,86%. Hal ini berarti ada pengaruh antara model
Guided Discovery menggunakan LKPD terhadap hasil belajar matematika pada
siswa SMP Al-Washliyah Ampera II Medan T.P 2019/2020. |
en_US |