Research Repository

Pengaruh Model Guided Discovery Menggunakan Lkpd Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Al-Washliyah Ampera Ii Medan T.P 2019 / 2020

Show simple item record

dc.contributor.author Simanullang, Syaipul Rizki
dc.date.accessioned 2020-03-01T09:31:37Z
dc.date.available 2020-03-01T09:31:37Z
dc.date.issued 2019-09-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1222
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar Siswa SMP Alwashliyah Ampera II Medan materi Pola Bilangan dengan menggunakan model Guided Discovery. (2)Apakah model Guided Discovery berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas VIII SMP Al-Washliyah Ampera II Medan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar Siswa SMP Alwashliyah Ampera II Medan pada materi Pola Bilangan dengan menggunakan model Guided Discovery. (2) Untukmengetahuipengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas VIII SMP Alwashliyah Ampera II Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah Ampera II Medan yang terdiri dari 3 kelas VIII-A berjumlah 20 siswa,VIII-B berjumlah 21 Siswa dan VIII-C berjumlah 24 Siswa. Jadi total keseluruhan kelas VIII SMP Alwashliyah Ampera II Medan sebanyak 65 Siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (Post-Test). Berdasarkan hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 58,55 dan kelas kontrol yaitu 55,20. Sedangkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,30 dan kelas kontrol yaitu 69,20. Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung(4,400) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,024). Ternyata nilai thitung > ttabel 4,400> 2,024, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dan besar pengaruhnya adalah sebesar 9,86%. Hal ini berarti ada pengaruh antara model Guided Discovery menggunakan LKPD terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Al-Washliyah Ampera II Medan T.P 2019/2020. en_US
dc.subject Model Guided Discovery en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Pengaruh Model Guided Discovery Menggunakan Lkpd Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Al-Washliyah Ampera Ii Medan T.P 2019 / 2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account