dc.contributor.author |
Basir, Muhammad |
|
dc.date.accessioned |
2020-11-17T01:23:12Z |
|
dc.date.available |
2020-11-17T01:23:12Z |
|
dc.date.issued |
2019-10-04 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12216 |
|
dc.description.abstract |
Pada penelitian ini terdapat permasalahan yaitu tingkat pemahaman
konsep siswa masih rendah yang dipengaruhi oleh kemampuan represenatsi siswa
selain itu masih kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan dengan
berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan : (1)Untuk mengetahui apakah ada
pengaruh penggunaan software Geogebra terhadap kemampuan pemhaman
konsep dan kemampuan representasi matematis pada siswa SMA Muhammadiyah
18 Sunggal T.P 2019/2020. (2)Untuk mengetahui pakah kemampuan pemahaman
konsep dan kemampuan representasi matematis pada siswa dengan menggunakan
sofware Geogebra lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep dan
kemampuan representasi matematis dengan menggunakan media powerpoint.
Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan desain Kemampuan Awal
Matematika (KAM) and Post-Test Only Control Design dengan menggunakan
software geogebra pada kelas ekperimen 1 dan media powerpoint pada kelas
eksperimen 2. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Muhammadiyah
18 Sunggal T.P 2019/2020 dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI
MIA 2 dan XI IS 2 dengan jumlah 56 siswa yang menjadi kelas eksperimen 1
adalah kelas XI MIA 2 dengan jumlah 28 siswa sementara kelas ekperimen 2
adalah kelas XI IS 2 dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada
penelitian menggunakan tes Kemampuan Awal Matematika (KAM) dan Post-test.
Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji prasyarat : uji
normalitas, uji homogenitas varians dan uji homogenitas matriks varianskovarians
serta uji hipotesis : uji manova. Pada hasil analisis data untuk uji
prasyarat menyatakan bahwa data pada penelitian ini berdistribusi normal,
homogen dan matriks varians-kovarians treatmen homogen. Sedangkan pada uji
hipotesis, tabel Multivariate Testa pada kolom kelas diperoleh bahwa untuk
kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan representase memiliki nilai sig
yaitu 0,000 dan tabel Test of Between-Subjects Effects juga menunjukkan hasil
yang sama yaitu nilai sig 0,000 sehingga H0 diterima. Hal ini berarti ada
pengaruh penggunaan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman
konsep dan kemampuan representasi matematis pada siswa SMA Muhammadiyah
18 Sunggal T.P 2019/2020. |
en_US |
dc.subject |
Software Geogebra |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Pemahaman Konsep |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Representasi Matematis |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Representasi Matematis Pada Siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |