dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teori SPEAKING Dell Hymes dalam interaksi belajar mengajar dengan kajian sosiolinguistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Isntrumen dalam penelitian ini adalah observasi, teknik simak dan teknik catat dan rekaman. Teknik analisis data adalah menganalisis segala data yang berhubungan dengan delapan komponen tutur dalam interaksi belajar mengajar siswa kelas X SMKS Harapan Mekar Medan dengan cara melakukan observasi dan merekam langsung tuturan siswa dan guru dalam interaksi belajar mengajar, kemudian mengumpulkan data-data yang berhubungan sebagai penunjang dan menganalisis dari hasil observasi yang dilakukan. Penelitian ini terdapat dari 6 data tuturan, yang diperoleh hasil penelitian yaitu, terdapat setting and scene terdiri dari 2 waktu, 4 tempat. Participants pada data 1 terdapat 24 0rang, data 2 terdapat 23 orang, data 3 terdapat 3 orang, data 4 terdapat 4 orang, data 5 terdapat 27 orang, data 6 terdiri dari 3 orang. Ends terdiri dari 4 tujuan pertuturan. Act sequence terdiri dari 2 bentuk ujaran. key terdiri dari 3 nada cara dan semangat. Instrumentalities terdiri dari 1 jalur bahasa yang digunakan. Norm of interaction and interpretation 1 norma. Genre terdiri dari 2 jenis bentuk penyampaian. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa komponen tutur dari data yang diperoleh memenuhi delapan komponen tutur SPEAKING Dell Hymes dan merupakan sebuah tuturan yang kompleks. |
en_US |