dc.description.abstract |
Harga saham di pasar bursa merupakan hal yang sangat penting, dimana
saham sebagai tanda penyertaan modal pada perseroan terbatas seperti yang telah
diketahui bahwa tujuan pemodal membeli saham untuk memperoleh penghasilan
dari saham tersebut. Masyarakat pemodal itu dikategorikan sebagai investor dan
spekulator. Investor disini adalah masyarakat yang membeli saham untuk
memiliki perusahaan dengan harapan mendapatkan deviden dan capitat gain
dalam jangka panjang, sedangkan spekulator adalah masyarakat yang membeli
saham untuk segera dijual kembali bila situasi kurs dianggap paling
menguntungkan seperti yang telah diketahui bahwa saham memberikan dua
macam penghasilan yaitu berupa deviden dan berupa capital gain.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh
penjualan terhadap harga saham pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia?. Dalam penelitian digunakan teknik pengumpulan data yaitu studi
dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis
regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penjualan
terhadap harga saham pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia, dimana hal ini diketahui dari nilai harga tsignifikan = 0,049. Nilai tsignifikan
tersebut selanjutnya dibandingkan nilai 0,05 sehingga 0,049 < 0,05 maka H0
ditolak dan Ha diterima, maka variabel Penjualan memiliki pengaruh terhadap
Harga Saham. Selain itu besarnya persentase pengaruh variabel penjualan (X)
terhadap variabel jumlah harga saham (Y) diketahui dengan melakukan uji
determinasi yang diketahui bahwa pengaruh penjualan terhadap variabel jumlah
harga saham sebesar 0,661 atau 66,1 % sedangkan sisanya 33,9 % dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti. |
en_US |