dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bingo+
menggunakan metode Edutainment yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan Plomp
(Plomp, 1997) yang terdiri dari 5 fase
pengembangan, yaitu
(1) fase investigasi awal,
(2) fase design,
(3) fase realisasi,
(4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan
(5) fase implementasi. Namun pada
penelitian ini hanya sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang
digunakan pada penelitian adalah lembar validasi media Bingo+, lembar respon
siswa terhadap media Bingo+, dan lembar wawancara. Penelitian ini dilaksanakan
di Perpustakaan UMSU dengan siswa kelas VII yang berjumlah 8 orang pada
materi bilangan. Berdasarkan hasil validasi media Bingo+ didapat bahwa media
Bingo+ dinyatakan valid dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,67 dan ahli
media 4,15. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap media Bingo+
didapat bahwa media Bingo+ dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata
4,38. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa didapat bahwa media Bingo+
dinyatakan efektif karena dapat memotivasi minat belajarnya lebih giat lagi. |
en_US |