Research Repository

Pengembangan Media Pembelajaran “Bingo+” Menggunakan Metode Edutainment Pada Materi Bilangan T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Damayanti, Dina Febri
dc.date.accessioned 2020-03-01T09:24:28Z
dc.date.available 2020-03-01T09:24:28Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1208
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bingo+ menggunakan metode Edutainment yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (Plomp, 1997) yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase design, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi media Bingo+, lembar respon siswa terhadap media Bingo+, dan lembar wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan UMSU dengan siswa kelas VII yang berjumlah 8 orang pada materi bilangan. Berdasarkan hasil validasi media Bingo+ didapat bahwa media Bingo+ dinyatakan valid dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,67 dan ahli media 4,15. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap media Bingo+ didapat bahwa media Bingo+ dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,38. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa didapat bahwa media Bingo+ dinyatakan efektif karena dapat memotivasi minat belajarnya lebih giat lagi. en_US
dc.subject Materi Bilangan en_US
dc.subject Model Plomp en_US
dc.subject Metode Edutainment en_US
dc.subject Media Bingo+ en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran “Bingo+” Menggunakan Metode Edutainment Pada Materi Bilangan T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account