Abstract:
Latar Belakang: Efektifitas suatu program dinilai dari ketercapaian tujuan
program tersebut. Latihan OSCE bertujuan untuk memperdalam kemampuan
mahasiswa agar siap menghadapi OSCE dan membantu mahasiswa mengurangi
kecemasannya saat OSCE. Belum ada penelitian sebelumnya tentang efektifitas
latihan OSCE namun yang ada adalah penelitian tentang kepuasan OSCE dinilai
dari angket kepuasan mahasiswa. Penelitian bertujuan menilai efektifitas latihan
OSCE dengan cara menilai kemampuan / skills mahasiswa melalui nilai latihan
OSCE serta kepuasan mahasiswa dan dosen terhadap latihan OSCE. Tujuan:
Untuk mengetahui efektivitas latihan OSCE yang dinilai dari kepuasan mahasiswa
dan dosen serta nilai OSCE di FK UMSU. Metode: Penelitian ini merupakan
penelitian analitik observasional dengan desain studi cross-sectional. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara angkatan 2014, 2015 dan 2016 mengikuti
seluruh latihan OSCE dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara yang menjadi penguji OSCE. Metode
pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data melalui kuesioner kepuasan dan nilai OSCE. Data dianalisis
dengan menggunakan uji chi-square untuk menilai hubungan nilai latihan OSCE
dan OSCE. Kesimpulan: Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa latihan OSCE
efektif karena terdapat hubungan yang signifikan antara nilai latihan OSCE dan
nilai OSCE, dengan nilai p<0,05 dan tingkat kepuasan mahasiswa dan dosen
terhadap LO yang terbanyak adalah puas.