Research Repository

Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Warni, Sesni
dc.date.accessioned 2020-11-16T03:59:33Z
dc.date.available 2020-11-16T03:59:33Z
dc.date.issued 2018-03-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11915
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 440 orang siswa yang terdiri dari 11 kelas. Kemudian untuk menentukan sampel, penulis menggunakan random sampling yaitu mengambil siswa kelas VIII-A berjumlah 40 orang siswa dan VIII-B berjumlah 40 orang siswa yang total keseluruhan sampel adalah 80 orang siswa. Kegiatan yang digunakan adalah Kegiatan Gerakan Literasi Membaca (GLS) yang digunakan adalah Pilihan Berganda dalam memahami teks berita. Teknik yang digunakan untuk menentukan penilaian kemampuan memahami teks berita adalah dengan menggunakan skor mentah juga skor akhir dengan mengguanakn skala sigma 10- 100. Kemudian mencari nilai rata-rata untuk mengetahui kemampuan memahami teks berita. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus ttes, yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap kemampuan memahami teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan yaitu 93,25 digenapkan menjadi 93 (baik sekali). Nilai ratarata dengan tidak menggunakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam memahami teks berita yaitu 68,3 digenapkan menjadi 68 (cukup). Hasil thitung adalah 2,22 yang menginterprestasikan bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap kemampuan memahami teks berita. Hipotesis diterima, karena thitung> ttabel (2,22 > 1,66412), maka hipotesis berbunyi “pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap kemampuan memahami teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran” dapat diterima. en_US
dc.subject Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah en_US
dc.subject Kemampuan Memahami Teks Berita en_US
dc.title Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account