Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Dalam Kemampuan Memahami Cerita Rakyat Bawang Merah Dan Bawang Putih Oleh Siswa Kelas Vii Smp Asuhan Jaya Medan T.P 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Sari Lestari Br Ginting, Sari Lestari
dc.date.accessioned 2020-11-16T03:37:48Z
dc.date.available 2020-11-16T03:37:48Z
dc.date.issued 2017-04-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11880
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih dengan menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange, kemudian untuk mengetahui kemampuan siswa memahami cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih dengan model pembelajaran konvensional, tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran rotating trio exchange dalam kemampuan memahami cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih oleh siswa kelas VII SMP Asuhan Jaya Medan tahun pembelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Asuhan Jaya Medan. Populasi seluruh siswa kelas VII berjumlah 106 siswa. Populasi yang dijadikan sampel (Random sampling) adalah kelas VII-B ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan model pembelajaran rotating trio exchange pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan suatu metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa memahami cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih dalam bentuk tes essai menentukan unsur intrinsik dalam memahami cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih. Berdasarkan hasil pengelolaan dapat diketahui bahwa nilai hasil tes siswa kelas VII SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat baik yakni dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,28 dan pada kelas kontrol 71,45. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran rotating trio exchange dalam kemampuan memahami cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih oleh siswa kelas VII SMP Asuhan Jaya Medan tahun pembelajaran 2016-2017. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel yaitu (2,95>1,668), karena hasil kemampuan siswa dalam memahami teks cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih yang diajar dengan menggunakan model rotating trio exchange lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang diajarkan dengan model konvensional. en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran en_US
dc.subject Rotating Trio Exchange en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Dalam Kemampuan Memahami Cerita Rakyat Bawang Merah Dan Bawang Putih Oleh Siswa Kelas Vii Smp Asuhan Jaya Medan T.P 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account