Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Dengan Bantuan Media Papan Buletin Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Dan Kebahasaan Teks Cerpen Oleh Siswa Kelas Vii Mts Al Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Syahpitri, Wulanda
dc.date.accessioned 2020-11-14T08:20:46Z
dc.date.available 2020-11-14T08:20:46Z
dc.date.issued 2018-04-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11611
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan melalui model pembelajaran Concept Attainment dengan Bantuan Media Papan Buletin Oleh Siswa Kelas VII MTs Al Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Mushlihin Binjai jalan Kesatria nomor 34 Binjai Kota. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 326 siswa yang terdiri dari 8 kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3 (40 siswa) dan kelas VII-5 (40 siswa). Kelas VII-5 terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dengan bantuan media papan buletin sedangkan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Istrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dengan bantuan media papan buletin memperoleh nilai rata-rata 75,27 dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 64,73 termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf = 0,05 maka diperoleh ¥ > ¥ yaitu 8,45 > 1,664. Karena nilai ¥ > ¥ , maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran concept attainment dengan bantuan media papan buletin terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen oleh siswa kelas VII MTs Al Mushlihin Binjai tahun pembelajaran 2017-2018. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenaranya dan diterima en_US
dc.subject Pengaruh Model en_US
dc.subject Pembelajaran Concept Attainment en_US
dc.subject Bantuan Media en_US
dc.subject Papan Buletin en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Dengan Bantuan Media Papan Buletin Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Dan Kebahasaan Teks Cerpen Oleh Siswa Kelas Vii Mts Al Mushlihin Binjai Tahun Pembelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account