dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan melalui model pembelajaran Concept Attainment dengan Bantuan
Media Papan Buletin Oleh Siswa Kelas VII MTs Al Mushlihin Binjai Tahun
Pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Mushlihin Binjai
jalan Kesatria nomor 34 Binjai Kota. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah
326 siswa yang terdiri dari 8 kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VII-3 (40 siswa) dan kelas VII-5 (40 siswa). Kelas VII-5 terpilih
sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dengan bantuan media
papan buletin sedangkan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol menggunakan metode
ceramah. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang
dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya
perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Istrumen yang
digunakan dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only control design.
Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan
mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen menggunakan model
pembelajaran Concept Attainment dengan bantuan media papan buletin
memperoleh nilai rata-rata 75,27 dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan
kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen menggunakan
metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 64,73 termasuk dalam kategori cukup
baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian
pada taraf = 0,05 maka diperoleh ¥ > ¥ yaitu 8,45 > 1,664. Karena nilai
¥ > ¥
, maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran concept
attainment dengan bantuan media papan buletin terhadap kemampuan
mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks cerpen oleh siswa kelas VII MTs
Al Mushlihin Binjai tahun pembelajaran 2017-2018. Dengan demikian hipotesis
alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenaranya dan diterima |
en_US |