dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh multimedia
interaktif berbasis Adobe flash profesional CS6 terhadap hasil belajar matematika
siswa MTs Darul Ilmi Batang Kuis dan besar peranan penggunaan multimedia
interaktif berbasis Adobe flash profesional CS6 pada kelas eksperimen. Dengan
rumusan masalah Apakah ada pengaruh multimedia interaktif berbasis Adobe
flash profesional CS6 terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Darul Ilmi
Batang Kuis. Dan berapa besar peran penggunaan multimedia interaktif berbasis
Adobe flash profesional CS6 pada kelas eksperimen. Penelitian ini termasuk
dalam penelitian kuantitatif eksperimental dan menggunakan metode eksperimen
semu sedangkan desain penelitian ini menggunakan Matching Pre-test dan Posttest.
Prosedur penelitiannya yaitu Pre Experimen Measure (Sebelum perlakuan),
Treatment (perlakuan), selanjutnya Post Experiment Measure (setelah perlakuan).
Tenik pengumpulan data menggunakan Pre-test dan Post-test. Subjek dalam
penelitian ini adalah Siswa MTs Darul Ilmi Batang Kuis kelas viii-4 yang
berjumlah 36 siswa sebagai kelas kelas kontrol dan siswa kelas viii-5 yang
berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu ada
pengaruh multimedia interaktif berbasis Adobe flash profesional CS6 terhadap
hasil belajar matematika siswa MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Hal ini telah
dibuktikan pada hasil uji-t, dimana = 1,725> = 1,6686 dan nilai
sig.(2-tailed) = 0,000 < taraf signifikan 0,05 dengan besar peran multimedia itu
sendiri sebesar 83,9%. Penelitian ini juga membuktikan bahwa siswa yang
menggunakan mutimedia interaktif berbasis Adobe flash profesional CS6 yaitu
pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari pada siswa yang
belajar dengan menggunakan metode ceramah dan buku lks yaitu pada kelas
kontrol. |
en_US |