Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Hutasuhut, Masdalifah
dc.date.accessioned 2020-11-14T04:06:22Z
dc.date.available 2020-11-14T04:06:22Z
dc.date.issued 2019-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11409
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar matematika siswa serta seberapa besar pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangan siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran bamboo dancing dapat mempengaruhi hasil belajar siswa serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadaphasil belajar pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangan siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata–rata pretest 54,094 dan simpangan baku pretest 15,983 sedangkan nilai rata–rata postest 77,375 dan simpangan baku postest 9,993. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata – rata pretest 53,875 dan simpangan baku pretest 13,389 sedangkan nilai rata – rata postest 72,969 dan simpangan baku postest 9,979. Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung = dan ttabel = 5,261 ternyata thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima serta nilai determinasi mencapai 79%.Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bamboo dancing berpengaruh hasil belajar matematika pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangan pada siswa kelas VIII SMP PAB 2 HelvetiaT.P 2019/2020. en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Bamboo Dancing en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account