dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar matematika siswa serta seberapa besar pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangan siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran bamboo dancing dapat mempengaruhi hasil belajar siswa serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran bamboo dancing terhadaphasil belajar pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangan siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata–rata pretest 54,094 dan simpangan baku pretest 15,983 sedangkan nilai rata–rata postest 77,375 dan simpangan baku postest 9,993. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata – rata pretest 53,875 dan simpangan baku pretest 13,389 sedangkan nilai rata – rata postest 72,969 dan simpangan baku postest 9,979. Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung = dan ttabel = 5,261 ternyata thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima serta nilai determinasi mencapai 79%.Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bamboo dancing berpengaruh hasil belajar matematika pada pokok bahasan pola, barisan dan deret bilangan pada siswa kelas VIII SMP PAB 2 HelvetiaT.P 2019/2020. |
en_US |