dc.description.abstract |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di temukan bahwa bahan ajar yang
digunakan di sekolah tersebut kurang bervariasi sehingga peserta didik kurang
memahami materi yang disampaikan serta rendahnya kecerdasan majemuk sehingga
menghambat pemahaman pesera didik terhadap konsep yang di pelajari terutama pada
materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa
modul pembelajaran berbasis Multiple intelligence yang valid, praktis dan layak
digunakan okeh peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengikuti alur penelitian
pengembangan 4-D yang memiliki empat tahap yaitu pendefenisian (Define),
perancangan (Design), pengembangan (Develope), penyebaran (Assesment). Namun,
pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap ketiga saja. Instrumen yang
digunakan adalahinstrumen identifikasi kecerdasan pesera didik, instrumen validasi ahli
dan instruemn respon peserta didik. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif
dengan melihat aspek yang dinilai. Berdasarkan hasil identifikasi kecerdasan peseerta
didik bahwa kecerdasan yang lebih dominan dimilki peserta didik adalah kecerdasan
linguistik, kecerdasan logis matematis dan kecerdasan visual spasial. Berdasarkan hasil
uji ahli media dan ahli materi, Modul yang dikembangkan memiliki validitas yang baik.
Respon peserta didik terhadap modul yang di kembangkan sangat baik yaitu sangat
menarik dan mudah digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, modul pembelajaran
berbasis multiple intelligence yang di kembangkan valid dan layak untuk digunakan oleh
pesera didik. |
en_US |