dc.description.abstract |
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
student teams achievenent division (STAD) terhadap kemampuan menulis teks
anekdot oleh siswa kelas X SMA Gajah Mada 1 Medan Tahun Pembelajaran
2017-2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 6
kelas dengan jumlah 207 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA1
ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas
X IPS2
sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 orang. Metode yang digunakan
dalam penelitia ini adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian ini
menggunakan tes. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai menggunakan model
pembelajaran Student Teams Achievenent Division (STAD) Oleh Siswa Kelas
X SMA Gajah Mada 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Siswa yang
memperoleh nilai 80-100 sangat baik 26 orang (76,47%) dan siswa yang
memperoleh nilai 66-79 baik 8 orang (23,52%). Nilai menggunakan model
ceramah. Siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat baik 7 orang (19,44%),
siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik 11 orang (30,55%) siswa yang
memperoleh 56-65 cukup 8 orang (22,22%) dan siswa yang memperoleh nilai
40-55 kurang 10 orang (27,77%). Selanjutnya pengujian hipotesis thitung > ttabel
yaitu (7,18 > 1,668). Dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat “Pengaruh
Model Pembelajaran Student Teams Achievenent Division (STAD) Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Anekdot Oleh Siswa Kelas X SMA Gajah Mada 1
Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018” |
en_US |