dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan Mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika khususnya pada materi operasi hitung bentuk aljabar dan Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Kencana Sastra pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan memberikan soal-soal yang diberikan kepada subjek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Kencana Sastra yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 19 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis, dan wawancara. Dimana pada hasil observasi dan wawancara dipakai untuk menentukan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung aljabar, sedangkan pada tes tertulis untuk menentukan hasil persentase kesalahan pada setiap jenis kesalahan, dari hasil tes didapatlah persentase kesalahan fakta yang dilakukan siswa sebesar 31. 58%, persentase kesalahan konsep yang dilakukan siswa sebesar 42.11%, persentase kesalahan prinsip yang dilakukan siswa sebesar 52.68%, dan pada kesalahan prosedural yang dilakukan siswa sebesar 63.42%. Adapun penyebab dari kesalahan siswa meliputi, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, tidak paham dengan rumus yang digunakan, dan tidak menguasai materi operasi hitung aljabar. |
en_US |