dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil dan
keaktifan belajar siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020 dengan model
pembelajaran ekspositori.(2)Bagaimana hasil dankeaktifan belajar siswa SMP
Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020 dengan model pembelajaran circuit
learning. (3) Apakah hasil dan keaktifan belajar siswa dengan model
pembelajaran circuit learning lebih baik dari hasi dan keaktifan belajar siswa
dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis
T.P 2019/2020.Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan hasil dan
keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa SMP
Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020. (2) Untukmendeskripsikan hasil dan
keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran circuit learning pada siswa
SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020. (3) untuk mendeskripsikan apakah
hasil dan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran circuit learning
lebih baik dari model pembelajaran ekspositori pada siswa SMP Swasta PAB 3
Saentis T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Swasta PAB 3 Saentis yang berjumlah 170 siswa. Sampel penelitian ini
adalah kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas
VIII-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes yaitu tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (Post-Test). Teknik
analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas)
dan uji hipotesis. Dan untuk hasil belajar siswa peneliti menggunakan uji hipotesis
yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung(3,9433) setelah dibandingkan
dengan ttabel (1,671). Ternyata nilai thitung > ttabel atau 3,9433>1,671. Serta untuk
keaktifan belajar siswa peneliti juga menggunakan uji hipotesis yang
menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung(2,9684) setelah dibandingkan dengan ttabel
(1,671). Ternyata nilai thitung > ttabel atau 2,9684 >1,671. sehingga Ha diterima dan
H0 ditolak. Hal ini berarti hasil dan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran circuit learning lebih baik dari pada menggunakan model
pembelajaran ekspositori pada siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020. |
en_US |