dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
conenneting, Organazing, relecting, extending (CORE) terhadap kemampuan
merangkum hasil wawancara oleh siswa kelas XI SMA PAB 5 Klumpang Hamparan
Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas XI SMA PAB 5 Klumpang Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018
yang berjumlah 140 orang siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini kelas
XI IPA-1 ditetapkan dengan cara random sampling dan dijadikan sebagai kelas
eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas XI IPA-2 ditetapkan dengan
cara random sampling dan dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 39 orang.
Metode penelitian ini metode eksperimen. Hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh
nilai rata-rata 93,75% berjumlah 3 siswa dan 37,5% berjumlah 2 siswa dan kelas
kontrol nilai rata-rata diperoleh 43,75% berjumlah 11 siswa, 25% berjumlah 2 siswa,
50% berjumlah 8 siswa, dan 37% berjumlah 5 siswa. Dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran connecting, organizing,
reflecting,extending (CORE) terhadap kemampuan merangkum hasil wawancara oleh
siswa kelas XI SMA PAB 5 KLumpang Hamparan PerakTahun Pembelajaran 2017-
2018. Hal ini terbukti berdasarkan uji-t dengan membandingkan dibuktikan
perhitungan-perhitungan sebelumnya. Dengan demikian dapat diketahui thitung> ttabel,
yaitu 9,31> 1,66. Maka Ha diterima dengan hipotesis yang berbunyi Ada Pengaruh
Model Pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending terhadap
Kemampuan Merangkum Hasil Wawancara oleh Siswa Kelas XI SMA PAB 5
Klumpang Hampan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018. |
en_US |