Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Pace Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa Smp Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Rosmiratama
dc.date.accessioned 2020-03-01T08:32:23Z
dc.date.available 2020-03-01T08:32:23Z
dc.date.issued 2019-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1125
dc.description.abstract Model pembelajaran PACE merupakan singkatan dari Proyek (Project), Aktivitas (Activity), pemebelajaran kooperatif (Cooperative Learning), dan Latihan (Exercise). Siswa yang diajarkan oleh model PACE jauh lebih terlibat dalam pembelajaran aktif melalui kerja kelompok dan diskusi kelas. Dengan menggunakan model PACE siswa memiliki kesempatan untuk terlibat aktif dalam pengkajian materi serta mampu menemukan dan memahami konsep matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran PACE dalam meningkatkan pembuktian matematis siswa SMP Harapan Mekar Medan T.p. 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran PACE berpengaruh dalam meningkatkan pembuktian matematis siswa SMP Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020 pada materi Himpunan. Metode yang digunakan adalah metode deskrisi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Harapan Mekar Medan, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B SMP Harapan Mekar Medan yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 2,437 dan harga ttabel = 2,00575. Karena thitung > ttabel maka diproleh H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar model PACE sebesar 74,52 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran PACE dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis siswa SMP Harapan Mekar Medan T.p. 2019/2020. en_US
dc.subject Model PACE en_US
dc.subject Kemampuan Pembuktian Matematis en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Pace Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa Smp Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account