dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media
film terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerita fabel dengan baik dan
benar. Hal tersebut dilakukan pada siswa kelas VII SMP Muhmmadiyah 16
Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017-2018. Lokasi penelitian dilakukan
sekolah Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam yang beralamat di Jalan. Kartini No.01
Lubuk Pakam. Populasi pada penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri hanya
satu kelas yaitu kelas VII B. kelas tersebut akan dijadikan sebagai kelas
eksprimen dan kelas kontrol sebagaimana untuk mengetahui hasil dari pengaruh
media film yang digunakan dalam pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan satu metode
yaitu metode ceramah yang diterapkan dalam kelas kontrol, sedangkan media
yang digunakan yaitu media film yang diterapkan dalam kelas eksperimen. Alat
pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes tertulis dalam bentuk essai.
Kemampuan menulis cerita fabel dengan menggunakan media film pada kelas
eksperimen menghasilkan hasil yang sangat baik sebanyak 17 orang (85%)
mampu menulis cerita fabel sesuai dengan struktur fabel. Sedangkan 3 (15%)
orang masih belum mampu menulis cerita fabel sesuai dengan struktur fabel.
Berdasarkan hasil uji hipotesis media film yang digunakan lebih tinggi hasilnya
dibandingkan menggunkan media konvensional seperti metode ceramah. Dengan
demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh media film Pada
Zaman Dahulu terhadap kemampuan menulis cerita fabel oleh siswa kelas VII
SMP Muhammadiyah Tahun Pembelajaran 2017-2018. Dilihat dari titik
presentase distribusi (dk= 1-40) dk 0,10 = 1,72 dengan n1 dan n2 =20 , maka
dapat disimpulkan nilai Thitung di banding dengan Ttabel = (21,19 > 1,72). Sebagai
kriteria hipotesis diterima atau ditolak. Maka, Ha diterima dan Ho ditolak,
sehingga dapat disimpulkan kembali bahwa “ ada pengaruh media film “ pada
zaman dahulu “ terhadap kemampuan menulis cerita fabel”. |
en_US |