Research Repository

Pengaruh Media Film Pada Zaman Dahulu Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Auliya, Hiliyatul
dc.date.accessioned 2020-11-13T08:06:52Z
dc.date.available 2020-11-13T08:06:52Z
dc.date.issued 2018-10-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11180
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media film terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerita fabel dengan baik dan benar. Hal tersebut dilakukan pada siswa kelas VII SMP Muhmmadiyah 16 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017-2018. Lokasi penelitian dilakukan sekolah Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam yang beralamat di Jalan. Kartini No.01 Lubuk Pakam. Populasi pada penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri hanya satu kelas yaitu kelas VII B. kelas tersebut akan dijadikan sebagai kelas eksprimen dan kelas kontrol sebagaimana untuk mengetahui hasil dari pengaruh media film yang digunakan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan satu metode yaitu metode ceramah yang diterapkan dalam kelas kontrol, sedangkan media yang digunakan yaitu media film yang diterapkan dalam kelas eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes tertulis dalam bentuk essai. Kemampuan menulis cerita fabel dengan menggunakan media film pada kelas eksperimen menghasilkan hasil yang sangat baik sebanyak 17 orang (85%) mampu menulis cerita fabel sesuai dengan struktur fabel. Sedangkan 3 (15%) orang masih belum mampu menulis cerita fabel sesuai dengan struktur fabel. Berdasarkan hasil uji hipotesis media film yang digunakan lebih tinggi hasilnya dibandingkan menggunkan media konvensional seperti metode ceramah. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh media film Pada Zaman Dahulu terhadap kemampuan menulis cerita fabel oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Tahun Pembelajaran 2017-2018. Dilihat dari titik presentase distribusi (dk= 1-40) dk 0,10 = 1,72 dengan n1 dan n2 =20 , maka dapat disimpulkan nilai Thitung di banding dengan Ttabel = (21,19 > 1,72). Sebagai kriteria hipotesis diterima atau ditolak. Maka, Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan kembali bahwa “ ada pengaruh media film “ pada zaman dahulu “ terhadap kemampuan menulis cerita fabel”. en_US
dc.title Pengaruh Media Film Pada Zaman Dahulu Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account