dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran meaningful
instructional design (MID) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh
siswa kelas X SMK PAB 8 Sampali tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi penelitian
berjumlah 173 siswa yang terdiri atas 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak yaitu
siswa kelas X BM-1 sebagai kelas eksperimen dan X BM-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes essai berbentuk
tulisan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil
observasi kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran meaningful
instructional design (MID) memiliki rata-rata nilai 83,51 kategori baik sekali. Kemampuan
menulis teks laporan hasil observasi kelompok kontrol dengan menggunakan model
konvensional memiliki nilai rata-rata 53,08 kategori kurang. Berdasarkan perhitungan uji “t”
diperoleh nilai thitung > ttabel (10,469 >1,674) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan db = (n1 +
n2) – 2 = 54 yaitu 1,674 sehingga hipotesis dinyatakan diterima. Hal ini berarti model
pembelajaran meaningful instructional design (MID) lebih berpengaruh digunakan dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. |
en_US |