dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
matematika berbasis masalah dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini mengunakan model
penelitian dan pengembangkan (R&D) yang dikembangkan oleh sugiyono (2011),
yang meliputi 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi,
desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk,
uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, produk massal. Namun pada
penelitian ini hanya sampai pada langkah ke 7 yaitu revisi produk. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan
lembar soal pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP PAB 9
Klambir V dengan materi bilangan pecahan. Berdasarkan hasil validasi perangkat
pembelajaran dan instrumen penilaian didapat bahwa RPP dinyatakan valid
dengan skor rata-rata 3,93 dengan kriteria baik, LKPD dinyatakan valid dengan
skor rata-rata 4 dengan kriteria baik, Media Pembelajaran dinyatakan valid dengan
skor rata-rata 3,95 dengan kriteria baik, dan instrumen penilaian berupa pretest
dan postest dinyatakan valid dengan skor rata-rata 3,85 dan 3,85 dengan kriteria
baik. Dari hasil uji N-Gain disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa mengalami peningkatan. Setelah dilakukan revisi maka
perangkat pembelajaran matematika berupa RPP, LKPD, media pembelajaran,
dan instrumen penilaian dikatakan layak digunakan di sekolah. |
en_US |