dc.description.abstract |
Pendidikan merupakan serangkaian usaha untuk mencapai kemajuanbangsa.
Kemajuan bangsa akan dapat terwujud secara nyata denganusaha menciptakan
ketahanan nasional dalam rangka mencapai cita-cita bangsa. Oleh karena itu, maka
pendidikan akan diarahkan kepada perwujudan keselarasan, keseimbangan dan
keserasian antara pengembangan kuantitas danpengembangan kualitas serta aspek
lahiriah dan aspek rohaniah manusia.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
menganalisis perkembangan kebijakan program KIP untuk masyarakat dalam
meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia serta untuk mengevaluasi kebijakan
program tersebut selama kepemimpinan Jokowi JK. Dalam penelitian ini, penulis
menggunakan model analisis deskriptif terhadap kebijakan program yang dibuat oleh
pemerintah. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah pada masa kepemimpinan
Jokowi-JK selama 2 tahun berjalan maka realisasi program Kartu Indonesia Pintar
sudah berjalan dengan sebagaimana mestinya. Yang dimana ini terwujud dalam
meningkatnya Indeks Pembangunan Manusaia di seluruh Provinsi Indonesia, yang
membuktikan adanya peningkatan dalam kualias sumber daya manusianya. Selain itu
juga, realisasi program Kartu Indonesia Pintar juga terlihat jelas dari trend
kemiskinan di Indonesia yang semakin menurun dari tahun-tahun sebelumnya.
Menurunnya tingkat kemiskinan itu dikarenakan adanya perbaikan dari sumber daya
manusianya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya dengan keluar dari garis
kemiskinan. Selain itu juga, realisasi program Kartu Indonesia pintar dapat dilihat
dari angka anak-anak putus sekolah yang kian lama kian menurun hingga saat ini.
Sehingga dapat dikatakan bahwasanya Program Kartu Indonesia Pintar yang
dicanangkan oleh Jokowi-Jk sudah terealisasi dengan baik walaupun belum
terealisasikan secara merata. |
en_US |