dc.description.abstract |
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya motorik halus anak kelompok
A, PAUD Bunda Hasanah. Hal ini mungkin dikarenakan media, metode dan strategi yang
digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi minat belajar anak. Berdasarkan
masalah di atas, diharapkan melalui kegiatan meremas, merobek, melipat dengan kertas
bekas dapat meningkatkan motorik halus anak. Dalam proses pelaksanaannya peneliti yang
bersubjektif 14 anak dengan rincian 9 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya.
Alat yang digunnakan adalah lembar instrument penilaian,san observasi. Teknik analisis data
dilakukan dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penilaian ini dilakukan melalui 3 siklus
dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaa, observasi dan refleksi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa motorik halus anak kelompok A pada pra tindakan sebanyak
14,25% pada siklus 1 meningkat menjadi 28.47% pada siklus 2 meningkat menjadi 40,95%
dan pada siklus 3 meningkat menjadi 71,3% perolehan persentase pada siklus 3 membuktikan
bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu motorik halus anak
mengalami peningkatan ≥75%.Hal ini menyimpulkan bahwa motorik halus anak kelompok A
PAUD Bunda Hasanah Medan Denai meningkat dengan baik |
en_US |