dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan
penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak dapat meningkat melalui media Big
Book di RA Nurul Hadina Patumbak. Tujuan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris
anak melalui media Big Book di RA Nurul Hadina Patumbak. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas
yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa
observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok
B di RA Nurul Hadina Patumbak yang berjumlah 17 orang anak.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa
pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris dengan menggunakan media Big Book
dapat meningkatkan penguasaan kosa kata pada anak kelompok B di RA Nurul
Hadina Patumbak. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan rata-rata nilai dan
peningkatan penguasaan kosa kata anak.
Penguasaan kosa kata Bahasa Inggris anak kelompok B di RA Nurul
Hadina Patumbak mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Ketuntasan
pada prasiklus sebesar 25,49 % dengan kriteria Kurang. Ketuntasan anak
meningkat pada siklus I menjadi 54,90 % dengan kriteria Cukup. Pada siklus II
kembali mengalami peningkatan dari ketuntasan anak menjadi 88,23 % dengan
kriteria Baik Sekali. Pada hasil tes membaca yang dilihat dari aspek lafal,
kelancaran dan kejelasan pada setiap siklus anak mengalami kenaikan. |
en_US |