Research Repository

Meningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Inquiry Di RA Al-Musa`Adah Pabatu Serdang Bedagai

Show simple item record

dc.contributor.author Ramaliyah, Siti
dc.date.accessioned 2020-11-13T01:53:08Z
dc.date.available 2020-11-13T01:53:08Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10963
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah kecerdasan naturalis anak yang masih rendah, sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui metode inquiry pada anak RA Al-Musa`adah Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai agar anak dapat belajar dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui metode inquiry dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak RA Al-Musa`adah Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai, dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kecerdasan naturalis anak menggunakan metode inquiry pada anak RA Al-Musa`adah Pabatu Serdang Bedagai berhasil ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat di rata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 21,87%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 42,18%, pada siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 78,12%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang diperoleh anak adalah 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak menggunakan metode inquiry en_US
dc.subject Kecerdasan en_US
dc.subject Naturalis en_US
dc.subject Inquiry en_US
dc.title Meningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Inquiry Di RA Al-Musa`Adah Pabatu Serdang Bedagai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account