dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah kecerdasan
naturalis anak yang masih rendah, sehingga tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui metode inquiry pada anak RA
Al-Musa`adah Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai agar anak dapat belajar
dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui
metode inquiry dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak RA Al-Musa`adah
Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai, dan jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kecerdasan naturalis anak
menggunakan metode inquiry pada anak RA Al-Musa`adah Pabatu Serdang
Bedagai berhasil ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya
peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah
dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak
adalah BSH maka dapat di rata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu
pada pra siklus 21,87%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 42,18%, pada
siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 78,12%, selanjutnya pada siklus
III rata-rata yang diperoleh anak adalah 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat
meningkatkan kecerdasan naturalis anak menggunakan metode inquiry |
en_US |