dc.description.abstract |
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan baik lisan maupun
tulisan secara tepat maupun akurat. Menggunakan kata merupakan cara utama untuk
berfikir dan menyelesaikan masalah bagi orang yang memiliki kecerdasan ini. Termasuk
kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan
menyampaikan informasi proses pendidikan verbal merupakan proses sulit untuk dilatih,
maka proses ini hendaknya dilakukan sejak anak pada usia agresifnya pada usia kanakkanak.
Kecerdasan Linguistik berkaitan dengan kemampuan bahasa dan dalam hal
penggunaannya. Peneliti bertujuan untuk mengetahui pembelajaran talking stick untuk
meningkatkan kecerdasan linguistik anak. Adapun peneliti dilaksanakan di RA Nurul
Yaqin yang beralamat di Jl. Bukit Barisan Kec. Medan.Objek dalam penelitian ini adalah
kelompok A yang terdiri dari 14 anak,4 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Instrumen
dalam penelitian ini adalah observasi, hasil kerja dan dokumentasi. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), hasil penelitian PTK Mengenai
kemampuan kecerdasan linguistik melalui pembelajaran talking stick anak pada saat Pra
siklus tergolong masih sangat rendah yaitu dengan rata-rata 14,25%, pada siklus I
mencapai 30,32% siklus II meningkat mencapai 41,02%%, pada siklus III naik mencapai
78,6%. Hasil pelaksanaan PTK dari mulai Pra siklus, siklus I, siklus II, siklus III dapat di
simpulkan bahwa meningkatkan kemampuan kecerdasan linguistik anak melalui
pembelajaran talking stickdi RA Nurul Yaqin Kec. Medan Timur |
en_US |